Citra adalah tujuan pokok bagi suatu organisasi atau perusahaan.
Pengertian citra itu sendiri abstrak atau intangible, tetapi wujudnya
dapat dirasakan dari penilaian, baik semacam tanda respek dan rasa
hormat dari publik sekelilingnya atau masyarakat luas terhadap
organisasi atau perusahaan tersebut dilihat sebagai sebuah badan usaha
yang dipercaya, professional, dan dapat diandalkan dalam pembentukan
pelayanan yang baik. Tugas PR itu sendiri adalah menciptakan citra
organisasi yang diwakilinya sehingga tidak menimbulkan isu-isu yang
merugikan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990:667), citra adalah pemahaman
kesan yang timbul karena pemahaman akan suatu kenyataan. Sedangkan
menurut Linggar dalam Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya
(2000:69), bahwa “citra humas yang ideal adalah kesan yang benar, yakni
sepenuhnya berdasarkan pengalaman, pengetahuan serta pemahaman atas
kenyataan yang sesungguhnya.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar