FAKTOR-FAKTOR IMK
Ø Faktor Manusia ( Pengguna )
Tiga faktor utama sistem komputer
yaitu hardware,software dan brainware.
Ketika membangun IMK, ospek
Manusia harus terpikirkan dengan matang tidak hanya memikirkan ospek teknis
dari sistem Komputer saja, namun bagaimana manusia menangkap data / informasi,
bagaiman memproses dan mengolah Data yang telah di tangkap.
·
Manusia
dipandang sebagai sistem pemprosesan informasi :
o Informasi /Data di tangkap memalui sistem
input,output (indra)
o Informasi di sampaikan dalam ingatan ( Memori
)
o Informasi diolah dan di aplikasikan dalam
berbagai cara
Kapasitas
manusia dalam mengolah Data/informasi memiliki reaksi yang berbeda-beda satu
dengan yang lainnya.maka faktor inilah yang harus di perhatikan dalam merancang
interface.
Saluran Input dan Output :
-
Indra
Penglihatan
-
Indra
Pendengaran
-
Indra
sentuhan
v Faktor Indra Penglihatan
Beberapa hal yang mempengaruhi
mata menangkap data informasi.
-
Luminans
(Luminance)
-
Kontras
-
Kecerahan
-
Sudut dan tajam
penglihatan
-
Medan
penglihatan
-
Warna (
Aspek, pisikologi,perceptual,kongnitif )
v Faktor Indra Pendengar
-
Suara adalah
satu elemen untuk penyebaran informasi yang secara lengkap lewat proses
pendengaran.
-
Manusia
mampu mendengar lewat getaran dan gelombang yang dimediasi oleh udara.
-
Batas
pendekteksian suara oleh manusia 20 hertz sampai dengan 20 kilo hertz.
v Faktor Indra Sentuhan
-
Kulit adalah
indra yang dimiliki manusia yang berfungsi untuk mengenah lingkuan dari
sentuhan.
-
Sentuhan di
kaitkan dalam bentuk media input maupun output.
-
Feedbaek
sentuhan tidak dijadikan sebagai aspek penyanyi dan informasi tetapi lebih
sebagai perangkat pendukung.
Memori Manusia
Digunakan
sebagai tempat penyimpanan informasi dan dapat di sajikan dalam bentuk ingatan
3 (tiga) jenis / fungsi Memori.
o Tempat penyaringan ( sensor )
o Tempat memproses ingatan ( Memori jangka pendek )
o Tempat memproses ingatan ( Memori jangka
panjang )
Ket :
Iconic : Menerima rangsangan
penglihatan
Echonic :
Menerima rangsangan pendengaran
Heptic
: Meneriman
rangsangan sentuhan
RAGAM
DIALOG ANTAR MUKA BERBASIS
TUNGGAL DAN ALAMI
1. Perintah
Tunggal
Command Line
untuk aplikasi command prompt (CMD) pada Windows
a. Mengaktifkan aplikasi commad prompt ( CMD )
Program RUN
Dari tombol start + All programs
Dari Aplikasi pencarian
b. Perintah masuk ke Direktori / Drive = CD / cd
c. Melihat isi Direktori / Drive = Dir
d. Menampilkan isi Direktori berdasrkan type
Data tertentu = dir*.*
e. Menghapus file dan folder = Del dan Rd
f.
Membuat
folder baru =
Makdir nama folder
g. Mengubah nama file dan folder = Ren
h. Memindahkan file = Move
i.
Menduplikat
file =
Copy
2. Perintah
Alami
Antar muka perintah alami dari pada perintah
SQL. Perintah SQL adalah bahasa pemograman untuk mengelola sistem basis data,
seluruh perintah bahasa ia menggunakan interface natural lenguage.
a. Perintah membuat data base baru Create data
base nama _data base ;
b. Memilih data base yang digunakan use
nama_database ;
c. Menampilkan seluruh data base yang ada pada
serve show Data base ;
d. Membuat tabel baru Create nama_tabel (“kolom
1,”kolom 2,”kolom 3,”kolom_n”);
e. Lihat struktur Desa nama tabel ; atau Desa
Nama tabel ;
f.
Melihat isi
tabel. Select*from nama_tabel ;
g. Memasukkan data ke dalam tabel ( kolom 1,
Kolom n) value (“data 1”,”data n”);
RAGAM
DIALOG
Dialog
Bersasis Form
Ragam dialog
ini sering digunakan manusia pada saat berintraksi dengan komputer, seperti
pada saat menampilkan data, memasukkan data dan memproses data.
Form /
borang yang berbasis grafis memiliki beberapa komponen antara lain :
o Label berfungsi
untuk memberikan keterangan terhadap beberapa komponen yang ada pada form.
o Textbox komponen
ini bisa berfungsi sebagai tempat memasukkan data atau menampilkan data.
o Combobox komponen
ini berfungsi untuk menampilkan data tunggal dari banyak pilihan data yang ada.
o List box komponen
ini digunakan untuk menampilkan Icen sejumlah pilihan yang tersedia yang dapat
dipilih oleh pengguna.
o Spin box komponen
ini digunakan untuk menampilkan data bertipe numeric dengan menambahkan dan
mengurangkan nilai tertentu.
o Checkbox komponen
ini digunakan untuk jenis data pilihan yang dapat di pilih lebih dari satu
jenis data.
o Radio button komponen
ini digunakan untuk jenis data pilihan yang hanya dapat dipilih satu jenis data
saja.
o Scrollbar komponen
ini digunakan untuk mengeser tampilan form atau data, baik secara Vartikal
maupun Horizontal.
o Button komponen ini berfungsi untuk melaksanakan
beberapa perintah proses ataupun satu proses saja.
RANCANGAN
DESAIN KOMPONEN GUI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar